Sejarah Musik Rock Dunia


Hai..! selamat datang di blog saya di WararuchiBlog. Bagaimana kabar kalian semua? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya..

Baiklah, untuk tema tulisan kali ini saya akan membahas mengenai  salah satu genre musik terpopuler yaitu musik Rock. Apakah kalian salah satu penggemarnya? Sudah tahu belum bagaimana sejarah dan perkembangannya? Kalau kalian belum tahu dan penasaran ..yuk simak ulasan singkatnya..!

Sejarah Musik Rock Dunia

Sejarah Musik Rock …

Sebelum masuk ke sejarah music Rock, saya ingin bertanya dulu. Apakah kalian pernah mendengar kata ‘Rock ‘N Roll’ ? Jika pernah, apakah menurut kalian musik Rock ‘N Roll dan Rock itu sama ? Jika kalian menjawab Iya berarti kalian salah… kedua genre itu berbeda, musik rock ‘n roll sendiri merupakan cikal bakal dari lahirnya subgenre rock,  untuk lebih jelasnya..simak ulasan berikut!

Sejarah Musik Rock Dunia
"Elvis Presley, musisi yang mempopulerkan musik rock'n roll pada era 50an"

Musik Rock ‘N Roll adalah genre musik yang berkembang pada tahun 40-an sampai akhir 50-an… musisi Rock’N Roll yang terkenal pada masa itu adalah Elvis Presley. Musik Rock ‘N Roll biasanya dimainkan dengan salah satu ritme musik blues yang disebut “boogie woogie” dengan alat musik piano sebagai melodinya, di barengi dengan gitar, drum, dan trumpet sebagai pelengkap.

Pada awalnya yaitu tahun 40-an, music rock ‘n roll menggunakan piano sebagai alat musik melodi . Pada awal 50-an piano digantikan dan saksofon, dan pada pertengahan tahun 50-an diganti menjadi gitar elektrik. Nah.. pergantian terakhir inilah yang digunakan hingga kini.

"Konser rock pada tahun 1955 di Tampa,, FL's Ft. Homer Hesterly Armory, Florida, Amerika Serikat"

Dari pertengahan tahun 60an music Rock ‘N Roll ini terbagi menjadi beberapa subgenre Rock  dan ini menjadi cikal bakal lahirlnya music rock. Peralihan dari Rock ‘N Roll ke genre Rock ini ditandai dengan teknik permainan gitar yang sudah berubah, seperti mulai memakai teknik – teknik seperti Overdrive dll. Dan dari susunan alat musik nya juga sudah berubah..  umumnya adalah Gitar Lead, Gitar Rhytm, Bass, dan Drum. Musisi yang mempopulerkan music rock pada masa ini antara lain, The Beatles, The Rolling Stones, dan The Animal.

Pada akhir tahun 60-an sampai  70-an para musisi mulai mengembangkan kembali musik rock dengan kreatif yaitu menambahkan musik orkestra pada musik rock. Hal ini dapat diperhatikan pada lagu ‘A Day in Life’ (1967) milik the beatles dan ‘Bohemian Rhapsody’ (1975) milik band Queen.

Sejarah Musik Rock Dunia
"Queen, merupakan salah satu band rock terpopuler, memiliki unsur orkestra yang kental dalam lagu 'Bohemian Rhapsody'"

Sejarah Musik Rock Dunia
"The Beatles, merupakan band rock pertama yang memasukan alunan orchestra pada lagunya"

Dan begitulah.. musik rock terus berkembang, pada tahun 70an musik rock juga terbagi menjadi soft rock, hard rock, heavy metal, dan punk. Di era 80an berkembang lagi menjadi subgenre  glam metal, synth rock, trash metal, hardcore punk, dan alternative rock. Sedangkan pada tahun 90an lahir subgenre baru yang lebih modern, yaitu Grunge, britpo, piano rock, dan  nu metal.

*perkembangan dan pembagian subgenre rock tersebut diatas akan dijelaskan di postingan-postingan selanjutnya  ;)

Yahh begitulah ulasan singkat mengenai sejarah musik rock. Bagaimana? Sekarang kalian sudah mengetahui bukan mengenai sejarah dan perkembangan music rock? Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda pencinta musik khususnya music rock. Jangan lupa untuk membantu mengembangkan blog ini dengan meninggalkan komentar pada kolom yang telah disediakan.

Sejarah Musik Rock Dunia
Jangan lupa meninggalkan komentar di kolom yang telah disediakan :)

Comments

Post a Comment

Ayo kembangkan blog ini dengan meninggalkan komentar ;)

Popular Posts