Gothic, Sejarah, Perkembangan, dan Pengaruhnya di Bidang Musik


Gothic, Sejarah, Perkembangan, dan Pengaruhnya di Bidang Musik

Hai..! Selamat datang kembali di blog saya, di WararuchiBlog. Bagaimana kabar kalian? semoga selalu dalam keadaan sehat ya..

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai Ghotic. Apakah kalian salah satu penikmatnya? jika iya.. tulisan ini sangat cocok untuk kalian... karena tulisan ini akan membahas mengenai sejarah, perkembangan, serta pengaruh gothic terhadap dunia musik.

Bagaimana..? penasaran? yuk simak ulasannya!

Sejarah Gothic...

Kata ghotic berasal dari kata "Goth", goth merupakan suku bangsa di Jerman Timur pada abad ke 3. Mereka merupakan suku yang pemberani, namun biadab..mereka tidak mengenal agama, hidup semaunya, menyembah berhala, dan merupakan pemangsa yang kejam. Tak heran bangsa goth merupakan musuh yang merepotkan bagi kerajaan romawi.

Kekuatan bangsa goth memang tidak sebanding dengan kerajaan romawi.. namun apabila mereka merasa terganggu, mereka akan membunuh semua musuhnya.

Singkat cerita, serangan dari kerajaan romawi kuno menyebabkan bangsa goth terpecah belah menjadi beberapa kelompok (suku), dua kelompok terbesar bernama 'Visigoth' dan 'Osrogoth'. Secara diam-diam, suku Visigoth (beberapa sumber lain mengatakan Osrogoth) bersatu dengan suku-suku kecil lain membentuk kerajaan baru yang kuat dan kemudian menyerang kerajaan romawi. Perang ini disebut 'Perang Goth' yang terjadi pada tahun 535-554 M.

Gothic, Sejarah, Perkembangan, dan Pengaruhnya di Bidang Musik
"Ilustrasi 'Perang Goth'"

Karena durasi perang yang cukup lama menyebabkan kehancuran bagi kedua pihak. Akibat dari kelaparan dan wabah penyakit, akhirnya kaum goth mengembara ke seluruh eropa hingga akhirnya sampai di Rusia bagian selatan.

Ghotic Dikatakan Aliran Satanisme...

Kenapa gothic sering dikaitkan dengan aliran satanisme? ini berawal dari zaman Victorian pada masa-masa pada zaman Victorian ini dikenal sebagai 'dark age' atau zaman kegelapan. Karena pada masa itu mulai muncul orang-orang yang memiliki keahlian supranatural yang berbau mistis, selain itu banyak yang menyembah berhala, ada yang memiliki gereja setan, bahkan memiliki kemampuan meramal kematian. Orang-orang inilah yang disebut sebagai kaum 'gothic'. Bahkan image tersebut masih dipegang sampai sekarang, dimana hal-hal berbau gothic pasti disebut aliran sesat.

Gothic, Sejarah, Perkembangan, dan Pengaruhnya di Bidang Musik

Perkembangan Kebudayaan Gothic...

Seiring perkembangan zaman, dan perkembangan agama yang kian kuat, menyebabkan kebudayaan ghotic perlahan-lahan menghilang.. lebih tepatnya mereka semakin menutup diri dari lingkungan yang tidak mendukung.

Pada abad ke 12 hingga 16, aliran gothic populer kembali dan mempengaruhi berbagai bidang, antara lain bidang arsitektur (gloomy dan gelap ala eropa barat), style, culture, dan tentunya di bidang musik.

Gothic, Sejarah, Perkembangan, dan Pengaruhnya di Bidang Musik
'Pengaruh gothic dalam arsitektur, bangunan yang terkesan gelap, dan gloomy'

Gothic tidak lagi soal ilmu spiritual seperti sejarahnya dahulu, tapi tergantung pada aliran apa yang dipilih oleh seorang ‘goth’ itu. Apakah akan memasukan gothic itu pada kepercayaan, style, culture ataupun musik, dan sampai saat ini terdapat banyak kebudayaan gothic yang ada di dunia *(akan dijelaskan di tulisan-tulisan selanjutnya).

Pengaruh Gothic Terhadap Musik…

Musik gothic merupakan musik yang menarik dan berbeda dengan jenis-jenis musik pada umumnya. Musik gothic memiliki nuansa yang gelap dan melodi yang mendayu-dayu, seolah-olah dunia sedang berada dalam kegelapan.

Di kancah musik dunia, genre gothic sendiri telah banyak diusung oleh para musisi. Beberapa musisi yang mengusung konsep ini adalah London After Midnight, Christian Death, Skeletal Family, dan Sisters of Mercy.

Tapi kenapa ya musik gothic identik dengan nuansa kelam..?

Gothic, Sejarah, Perkembangan, dan Pengaruhnya di Bidang MusikHal ini terkait dengan penjelasan yang sudah diuraikan sebelumnya diatas... musik gothic banyak dipengaruhi masa-masa ‘dark age’ dimana waktu itu dunia diibaratkan berada dalam masa kegelapan, maka dari itu musik gothic identik dengan nuansa yang mendayu, gelap, dan suram. Lirik-liriknya juga banyak mengandung provokasi, keputusasaan, kebebasan diri, dogma di masyarakat, dan lain-lain.

Meskipun begitu, apabila dinikmati, musik gothic mampu memberikan ketenangan dalam diri.. terutama lagu-lagu  gothic yang dimainkan menggunakan piano, biola, ataupun synthesizer.
.
.
.
.
.
.
.

Baiklah.. sekian ulasan singkat saya mengenai Aliran Gothic. Sekarang kalian telah mengetahui lebih jauh mengenai gothic bukan?.. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat memenuhi keingintahuan anda mengenai aliran gothic.. Jangan lupa untuk menuliskan komentar kalian di kolom yang sudah disediakan.


Comments

Popular Posts