Sejarah Musik Metal


Sejarah musik metal

Hai...! Bagaimana kabar kalian? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya..
Dalam tulisan kali ini saya akan membahas mengenai sejarah musik metal, yuk simak ulasannya !

Pada Awalnya…

Musik metal atau yang juga disebut heavy metal merupakan genre musik yang berasal dari musik rock, terutama blues rock dan psychedelic rock. Musik rock sempat mengusasai dunia musik pada era 50an sampai akhir 60an (Baca Juga : Sejarah Musik Rock Dunia). Pada akhir 60an banyak musisi rock yang mulai merasa tidak puas dan bosan dengan musik rock yang kurang cadas dan menghentak, dan dari sinilah para musisi mulai mebuat kreativitas baru dengan musik yang lebih keras, sehingga munculah genre Metal.

Kenapa Dinamakan Musik Metal?

Karena musik ini lebih keras dan cadas daripada musik rock, maka dari itu dinamakan ‘metal’. Karena secara harfiah metal (logam) lebih keras daripada rock (batu).

Kata Heavy Metal pertama kali digagas oleh band hard rock tahun 60an, Steppenwolf. Steppenwolf memasukan kata ‘Heavy Metal’ di lagu mereka yang Berjudul ‘Born to Be Wild’, tepatnya di baris kedua bait kedua :

”I like smoke and lightning Heavy Metal thunder Racin’ with the wind….”

Sejarah musik metal
"Steppenwolf, band yang pertama kali memperkenalkan kata 'Heavy Metal' dalam dunia musik"

Namun istilah ‘metal’ saat itu belum dipakai secara resmi. Istilah ini baru resmi dipakai pada tahun 1970, untuk menyebut jenis musik Black Sabbath di album debut mereka yang bertajuk ‘Black Sabbath’. Black Sabbath dapat dikatakan merupakan band pendiri dan pencetus musik metal.
Pada tahun 70an, musik metal mulai berkembang dan semakin merambat dunia musik. Musik metal dibawakan oleh band-band seperti, Black Sabbath, Led Zeppelin, dan Deep Purple. 


"Led Zeppelin, salah satu band rock yang menjadi cikal bakal lahirnya genre metal"


Black Sabbath, musik metal
"Black Sabbath, merupakan band pertama yang membawakan genre metal secara resmi"

Musik metal saat itu masih dipengaruhi oleh elemen-elemen musik blues rock. Sebelum akhirnya Judes Priest menghilangkan unsur blues tersebut, dan lebih menambahkan distorsi, beat yang lebih cepat, dan harmoni.

Lahirnya NWOBHM..

NWOBHM merupakan singkatan dari New Wave of British Heavy metal. Seorang jurmalis bernama Geoff Barton menciptakan istilah ini pada tahun 1979 pada majalah ‘sounds’ untuk menggambarkan munculnya band-band heavy metal baru di Inggris, tepatnya pada pertengahan hingga akhir tahun 70an.


NWOBHM Sejarah musik metal
"Sebutan untuk peristiwa munculnya banyak band-band metal di Inggris"

Sejarah musik metal
"NWOBHM melahirkan band-band heavy metal terbaik"

Pada periode ini banyak band-band heavy metal yang bermunculan di Inggris, namun dari sekian banyak band itu Iron Maiden dan Def Leppard menjadi band yang sukses di kancah internasional, selain itu juga ada band-band seperti Motorhead dan juga Saxon yang cukup sukses.
Band-band lain seperti Venom, Diamon Head, dan Raven merajai dunia musik‘underground’. Band-band ini nantinya akan memberi pengaruh besar kepada perkembangan band heavy metal pada tahun 80 sampai 90an.


Iron Maiden, Sejarah musik metal
"Iron Maiden merupakan band NWOBHM yang sukses di kancah internasional"


Venom, Sejarah musik metal
"Venom, band metal yang merajai musik metal 'underground'"

Pada era tahun 80an musik metalpun terkenal ke seluruh dunia. Pada era ini bermunculan band-band yang mengusung genre ‘trash metal’ terbaik seperti Metallica, Megadeth, Anthrax, dan Slayer. Bahkan 4 band ini diberi julukan “The Big Four”. Selain itu lahir pula‘Glam Metal’, dimana musik glam ini berhasil merajai chart-chart musik di berbagai negara. Glam metal sendiri merupakan gabungan dari musik Metal dengan pop, yang menghasilkan musik easy listening dan enak di dengar sehingga dapat dinikmati pula oleh kalangan pencinta musik ‘non-cadas’. Genre ini juga populer karena style musisinya yang berambut panjang, menggunakan make up/face paint, disertai dengan aksesoris yang eksentrik. Selain itu penampilan musisinya juga terkesan feminim, genre ini mirip seperti style visual kei di Jepang (Baca Juga : Visual Kei, Style Unik Dalam Industri Musik Jepang). Contoh band yang membawakan genre ini adalah Guns N’ Roses, Bon Jovi, dan Motley Crue.


Metallica, sejarah musik metal
"Metallica, salah satu anggota 'The Big Four', masih eksis hingga kini"

Guns N' Roses, Sejarah musik metal
"Guns N' Roses, merupakan band rock yang juga mempopulerkan 'Glam Metal'"

Metal Populer di Amerika dan Lahirnya NWOAHM…

Seperti halnya di Inggris, musik metal yang begitu populer di Amerika menghasilkan gerakan yang dinamai NWOAHM. NWOAHM merupakan singkatan dari New Wave of American Heavy Metal yang menjangkau musisi-musisi metal dari Amerika dan Kanada. Gerakan ini berlangsung dari awal 90an sampai pertengahan 90an, dan berkembang lagi lebih luas dari awal hinga pertengahan 2000an.
Melalui gerakan ini pula lahir sub-genre metal lain seperti Alternative metal, groove metal, nu metal, dan metalcore.

Banyak sekali band-band metal yang bermunculan pada era NWOAHM ini, beberapa diantaranya bahkan sukses di kancah musik dunia, band-band tersebut diantaranya adalah Lamb of God, Pantera, Machine Head, Slipknot, dan Avenged Sevenfold.


Lamb of God, Sejarah musik metal
"Lamb of God, merupakan band metal NWOAHM asal Virginia yang mengusung genre Tharsh Metal"


Avenged Sevenfold, sejarah musik metal
"Avenged Sevenfold, merupakan salah satu band metal terbaik di era moderen"

Baiklah.. sekian sejarah singkat mengenai Sejarah Musik Metal. Semoga tulisan ini dapat menanmbah wawasan kamu mengenai seluk beluk musik metal. Jangan lupa untuk membantu mengembangkan blog ini dengan meninggalkan komentar di kolom yang telah disediakan :)

Sejarah Musik Metal
Jangan lupa untuk meninggalkan komentar di kolom yang telah disediakan :)


Comments

  1. poker online dengan pelayanan CS yang baik dan ramah hanya di AJOQQ :D
    ayo di kunjungi agen AJOQQ :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Ayo kembangkan blog ini dengan meninggalkan komentar ;)

Popular Posts