8 Tips untuk Membangun Kesan Pertama Yang Baik [Rare Queen Edition]



8 Tips untuk Membangun Kesan Pertama Yang Baik [Rare Queen Version]
"Freddie Mercury, salah satu musisi yang selalu mendapat kesan positif  dari para penggemarnya"

Hai..! Kembali lagi di blogg saya di WararuchiBlog. Bagaimana kabar kalian? semoga selalu dalam keadaan sehat ya..

Tulisan kali ini mungkin berbeda dengan tulisan-tulisan sebelumnya, namun karena ini merupakan hal penting yang harus dipahami oleh banyak orang jadi saya memutuskan untuk memostingnya. Tentu dengan harapan agar pembaca WararuchiBlog akan menjadi pribadi yang dapat membangun kesan pertma yang baik dalam suatu hubungan.

Dalam kehidupan sehari-hari kita akan dihadapkan dengan berbagai kegiatan. Dalam melakukan kegiatan tersebut kita akan bertemu dengan banyak orang yang berinteraksi dengan kita. Semakin banyak kegiatan yang kita lalui sehari-harinya, tentu semakin banyak pula kita bertemu dengan orang-orang baru. 


8 Tips untuk Membangun Kesan Pertama Yang Baik [Rare Queen Edition]
'Dalam beraktivitas sehari-hari kita akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai karakter' 

Terlebih lagi jika kamu adalah seorang musisi, kesan pertama yang baik tentu akan membuat orang-orang selalu mengingatmu dan siap mendukungmu. Sebut saja seorang Freddie Mercury yang selalu diingat bahkan dipuja meskipun beliau telah lama menghadap sang 'Pencipta'.

Kesan pertama yang baik akan membuat orang tersebut nyaman berada di dekat kita. Sehingga akan memudahkan kita berkomunikasi dan membangun relasi satu sama lain.

Berikut saya akan menjelaskan apa saja yang perlu kita pahami dan praktikan untuk membangun kesan pertama yang baik. Yuk simak ulasannya!

1. Tatap Mata
Tatapan ramah kepada siapapun akan selalu berarti bahwa kita bersimpati dan tertarik pada orang tersebut. Dan siapapun pasti akan memiliki perasaan positif terhadap orang yang menatapnya dengan penuh perhatian. Bahkan, orang asing pun pasti akan menurunkan tingkat 'pertahanan' mereka dan bereaksi positif terhadap tatapan kita.

"Tersenyum, menbuat kontak mata, dan siapapun yang mrlihatnya akan bereaksi positif terhadap anda"

-Martin R. Baird, Chief Executive Oficer Robinson & Associates, Inc

8 Tips untuk Membangun Kesan Pertama Yang Baik [Rare Queen Version]
'Saat bertemu orang lain, tataplah matanya dengan penuh perhatian'

2. Tersenyum
Senyuman memiliki kekuatan yang luar biasa. Orang yang keras hatinya pun bisa luluh jika melihat senyuman. Senyuman kepada seseorang bukan hanya berarti kita menyukainya, melainkan juga menyiratkan bahwa kita peduli dan siap mendukungnya. Seseorang yang sedih akan merasakan kedamaian ketika melihat seseorang memberi senyuman yang tulus kepadanya.


8 Tips untuk Membangun Kesan Pertama Yang Baik [Rare Queen Version]
'Tunjukanlah senyuman terbaikmu kepada semua orang, seperti gambar diatas, Brian May selalu tersenyum dihadapan penggemarnya'

3. Menyapa
Sapaan membuat hidup yang kelabu menjadi cerah kembali. Apabila kita bertemu dengan seseorang yang dikenal, sapalah. Sejelek apapun perasaan orang saat itu, tidak marah mendengar sapaan kita. Justru sapaan akan akan menjernihkan suasana hati yang keruh. Sapaan ibaratkan terapi yang membuat perasaan yang kelabu menjadi cerah kembali.

"Sapaan adalah terapi yang ampuh untuk mengawali pembicaraan"

-Emo Philips, pelawak Amerika

8 Tips untuk Membangun Kesan Pertama Yang Baik [Rare Queen Version]
'Freddie selalu menyapa para penggemarnya dengan penuh semangat'

4. Jabat Tangan Dengan Erat
Perlu hati yang terbuka untuk memulai suatu hubungan. Anda tidak mungkin berjabat tangan dengan tangan yang terkepal. Kerahkan seluruh energi positif untuk menyambut hidup baru melalui jabat tangan. Cara kita menyambut orang lain itu akan membuat mereka merasa diperhatikan dan dilakukan istimewa. Efeknya, mereka pun akan menghargai kita sebagai pribadi yang hangat dan menyenangkan.

"Anda tidak dapat berjabat tangan dengan tangan yang terkepal"

-Indira Gandhi, Perdana Menteri wanita pertama India

8 Tips untuk Membangun Kesan Pertama Yang Baik
'Jabatlah tangan orang lain dengan erat, tapi enggak perlu sampe telanjang juga ya :)'

5. Tanyakan Kabar
Menanyakan kabar menunjukan kita pribadi yang ramah dan peduli dengan orang lain. Jika jabatan tangan yang erat akan membuat suasana menjadi hangat dan akrab, maka menanyakan kabar akan membuat momen pertemuan menjadi menyenangkan. Siapapun akan merasakan dirinya penting, ketika ada orang menanyakan kabarnya.


8 Tips untuk Membangun Kesan Pertama Yang Baik [Rare Queen Edition]
'Dengan menanyakan kabar, akan menunjukan bahwa kita pribadi yang peduli'

6. Biarkan Orang Lain Bercerita Mengenai Dirinya
Pelajaran yang paling mudah untuk mendapat kesan yang kuat dari orang lain adalah dengan menunjukan kalau kita merupakan pendengar yang baik. Semua orang menjadi pemeran utama dalam cerita hidup masing-masing, dan dalam pertunjukan membutuhkan penonton. Jadilah penonton tersebut dan simak kisah mereka dengan seksama.

"Aku senang mendengar seseorang berbicara tentang dirinya, karena tidak ada yang lain yang kudengar selain kebaikan"

-Will Roger (1879-1935), pelawak,komentator, dan aktor Amerika


8 Tips untuk Membangun Kesan Pertama Yang Baik [Rare Queen Edition]
'Tunjukan lah bahwa kita merupakan pendengar yang baik'

7. Jangan Menyela
Menyela orang lain saat berbicara sangat tidak sopan dan membuat jenkel. Karena itu, jika orang lain berbicara, jangan pernah menyela. Jika ingin memberi komentar, lakukan di jeda ceritanya atau saat ia selesai berbicara.


8 Tips untuk Membangun Kesan Pertama Yang Baik [Rare Queen Edition]
'Jangan pernah menyela ketika orang lain berbicara, itu sangat menjengkelkan'


8. Dengarkan Apa Yang dikatakan Orang Lain
Hal paling menyenangkan yang dimiliki seseorang adalah ketika mereka memiliki sahabat yang selalu bisa menjadi pendengar. Tapi mendengarkan juga tidak sekedar mendengarkan. Bahasa tubuh dan mimik muka kita menunjukan apakah kita mendengarkannya dengan sungguh-sungguh atau hanya angin lalu saja. Semua orang akan menghargai seseorang yang menunjukan kemampuan mendengar yang sungguh-sungguh.

"Kita memiliki dua telinga dan satu mulut, seharusnya kita lebih banyak mendengar daripada bicara"

-Epictetus (55-135SM), filsuf Yunani


8 Tips untuk Membangun Kesan Pertama Yang Baik [Rare Queen Edition]
'Orang lain akan senang jika perkataannya didengar dengan perasaan yang tulus dan sungguh-sungguh'

Baiklah.. sekian ulasan mengenai Bagaimana membangun kesan pertama yang baik. Pahami tips nya dan jangan lupa untuk mempraktikannya ya!. Ayo bantu mengembangkan blog ini dengan meninggalkan komentar dan share artikel ini ke teman-teman kamu ya :)

8 Tips untuk Membangun Kesan Pertama Yang Baik
'Jangan lupa meninggalkan komentar di kolom yang sudah disediakan :)'


Refrensi :
Tulisan ini mengutip dari buku berjudul "101 Tips Kilat! MENCARI TEMAN DAN MEMENGARUHI ORANG LAIN", karya Christiana Weni. 

Comments

Post a Comment

Ayo kembangkan blog ini dengan meninggalkan komentar ;)

Popular Posts