Biografi The King of Rock'N Roll, Elvis Presley

Hai...! selamat datang kembali di blog saya di WararuchiBlog! Bagaimana kabar kalian..? semoga selalu dalam keadaan sehat ya...

Siapkan diri kalian untuk membaca tulisan kali ini..karena tema kita hari ini adalah biografi dari The King of Rock'N Roll,  siapa lagi kalau bukan Elvis Presley! Penasaran dengan masa kecil Elvis Presley? bagaimana sepak terjangnya dalam dunia entertain? ingin tahu bagaimana ia mendapat julukan The King of Rock 'N Roll ? jika iya.. yuk simak ulasannya!

Masa Kecil...

Elvis Aaron Presley lahir pada tanggal 8 Januari 1935  di Tupelo, Mississippi, Amerika, dari pasangan Vernon Elvis Presley dan Gladys Love Presley. Sebenarnya Elvis Presley mempunyai saudara kembar yang bernama Jesse Garon Presley yang lahir 35 menit sebelumnya, namun saudaranya itu meninggal sejak baru dilahirkan.

Sejak kecil Elvis dan keluarganya beribadah di Gereja Pantekosta, Assembly God dan..disinilah bakat menyanyi dan bermusik nya terlihat.

Pada September 1941, Elvis mulai bersekolah di East Tupelo Consolidated. Meski Elvis merupakan murid yang 'biasa-biasa' saja tapi teman-teman dan gurunya di sekolah mengenalnya sebagai orang yang berbakat dalam bernyanyi.

Gurunya sangat terkesan dengan kemampuan Elvis membawakan lagu Country Old Sheep saat doa pagi di sekolah. Elvis pun disuruh untuk mengikuti Kontes menyanyi yang diadakan tanggal 3 Oktober 1945 dan ini menjadi penampilan publik pertamanya, saat itu usianya menginjak 10 tahun. Dalam kontes itu, Elvis berhasil meraih peringkat 5.

Beberapa bulan kemudian ia mendapat Gitar sebagai hadiah ulang tahunnya, tapi ia tidak begitu senang, Elvis sebenarnya ingin mendapat sepeda atau senapan. Namun sedikit demi sedikit ia mau belajar main gitar. Akhirnya ia pun diajari bermain gitar oleh dua pamannya dan seorang pendeta gereja. Dan perlahan tapi pasti, Elvis akhirnya suka bermain gitar.

Pada September 1946 Elvis menginjak kelas 6. Pada saat itu Elvis dijuluki 'loner' karena jarang bergaul dengan teman-temannya. Setiap jam istirahat ia selalu memainkan gitarnya dan menyanyikan lagu, yang teman-temannya sebut 'lagu pedesaan'.

Biografi The King of Rock'N Roll,  Elvis Presley
Elvis di masa kecil

Elvis mempunyai teman yang bernama Slim, Slim merupakan adik dari seorang musisi dari Mississippi. Karena itu, Elvis sering diajaknya ke studio. Disana Slim mengajarkan Elvis teknik-teknik akor gitar yang semakin memperkaya kemampuan musik Elvis. Dan pada usia 12 tahun Elvis sering tampil di acara on air

Sepak Terjang di Dunia Musik dan Film...

Setelah lulus pada tahun 1953, Elvis pun masuk ke duina perekaman. Ia mulai merekam demo lagu pertamanya di studio dengan label 'Sun Records, Elvis membayar US$3,98 untuk merekam 2 buah lagu.

Merasa terkesan dengan kemampuan Elvis, sang pemilik Sun Records yaitu Sam Phillips memutuskan untuk mengorbitkannya. Pada Juni sang pemilik pun memanggil Elvis untuk mengisi posisi penyanyi ballad yang kosong. Sam Phillips pun terkesan dan mengakui kemampuan yang dimiliki Elvis


Biografi The King of Rock'N Roll,  Elvis Presley
Single 'That's All Right' yang dirilis tahun 1954

Setelah itu Elvis mulai menggelar tur dan masuk proses rekaman dengan single pertamanya 'That's All Right' pada tahun 1954. Setahun kemudian Elvis pun mulai dikenal masyarakat berkat musik yang tidak biasa, lenggokan punggulnya yang kontroversial (dianggap sebagai pornografi), dan ketampanannya...

Di tahun yang sama yaitu tahun 1955 Elvis menandatangani kontrak dengan RCA Records, setahun kemudian ia merlis single 'Heartbreak Hotel' yang sukses memikat hati pencinta musik pada masa itu. Dan pada tanggal 23 Maret RCA Records merilis album studio pertama Elvis yang bertajuk 'Elvis Presley', selain itu ia juga meneken kontrak film dengan Paramount Pitcure.

Saat itu Elvis pun terkenal seantero jagat, baik itu radio, televisi, dan bioskop. Elvis dikenal sebagai musisi sekaligus aktor.

Biografi The King of Rock'N Roll,  Elvis Presley
Elvis Presley dalam salah satu konsernya

Biografi The King of Rock'N Roll,  Elvis Presley
Elvis Presley, dalam poster 'Love Me Tender'

Pada tahun yang sama, tanggal 21 November film pertama Elvis, Love Me Tender diluncurkan. Film ini menuai banyak kritik, namun mendapat angka penjualan yang sangat baik. Untuk memaksimalkan popularitas yang didapat Elvis,  4 film musikal pun dibuat ditambah dengan film-film lainnya. Jadi secara keseluruhan Elvis tampil dalam 31 judul film.

Militer dan Kematian Sang Ibu, Gladys Love Presley...
24 Maret 1958, Elvis dimasukkan ke dalam daftar sebagai prajurit di Fort Chaffee, Arkansasa. Saat dia keluar dari bus, dia langsung disambut jepretan kamera fotografer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Biografi Tokoh Dunia: Elvis Presley, King of Rock 'n' Roll", https://internasional.kompas.com/read/2018/08/16/23205541/biografi-tokoh-dunia-elvis-presley-king-of-rock-n-roll?page=all.
Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utomo

Pada tanggal 24 Maret 1958, Elvis ke dalam daftar sebagai prajurit di Fort Chaffe, Arkansasa. Apakah diantara kalian bertanya-tanya kenapa Elvis terdaftar sebagai prajurit dan masuk militer? alasannya adalah karena pada saat itu Amerika menuntut warga negaranya yang berusia muda (18-27 tahun) untuk mengikuti wajib militer (wamil) guna meningkatkan kedisplinan dan ketangguhan seorang itu.

Biografi The King of Rock'N Roll,  Elvis Presley
Elvis saat menjalani wajib militer pada tahun 1958

Di awal Agustus 1958 ibu Elvis didiagnosa penyakit Hepatitis dan kondisinya begitu buruk. Elvis pun diberi ijin untuk menjenguknya. Pada tanggal 12 Agustus 1958 ia pun sampai di Memphis. Namun 2 hari kemudian ibunya meninggal dunia karena serangan jantung. Ini merupakan kenyataan pahit bagi Elvis, karena ia sangat dekat dengan ibunya.

Kembali ke militer, Elvis pun menyelesaikan latihan, dan ditempatkan pada divisi lapis baja ketiga di Friedberg, Jerman, pada tanggal 1 Oktober 1958. Nah.. di Friedberg inilah dia bertemu gadis berusia 14 tahun bernama Priscilla Beaulieau. Mereka berpacaran selama 7,5 tahun dan akhirnya menikah pada 1 Mei 1967.

Kembali Ke Dunia Hiburan...
Elvis kembali AS pada 2 Maret 1960, dan diberhentikan dengan hormat ketika menyandang pangkat sersan. Dia melanjutkan karirnya di dunia hiburan, dan segera kembali ke puncak berkat soundtrack film-nya, GI Blues. Perjalanan karirnya semakin mulus setelah dia merekam lagu dan berakting di sejumlah film seperti Blue Hawaii (1961), Girls!Girls!Girls! (1962), maupun Viva Las Vegas (1964). Meski mendapat kritikan tajam, baik film maupun soundtrack memberikan penghasilan yang besar bagi Elvis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Biografi Tokoh Dunia: Elvis Presley, King of Rock 'n' Roll", https://internasional.kompas.com/read/2018/08/16/23205541/biografi-tokoh-dunia-elvis-presley-king-of-rock-n-roll?page=all.
Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utom

Elvis melakukan comeback, yang sukses melalui penampilan televisi pada 3 Desember 1968 berjudul ’68 Comeback Special. Karir musiknya kembali bersinar setelah ia mendapatkan kesempatan dalam acara tersebut dan menampilkan ciri khas Rock'N Roll nya.


Biografi The King of Rock'N Roll,  Elvis Presley
Elvis Presley dalam acara '68 Comeback special

Pada tahun berikutnya, Elvis memulai penampilan live yang laris di berbagai tempat, diawali dari Las Vegas dan berlanjut negara-negara bagian lainnya di Amerika Serikat. Antara tahun 1969 dan 1977, The King of Rock ‘n’ Roll tampil dalam 1.000 acara yang tiketnya terjual habis.

Akibat kecanduan obat-obat dokter seperti obat tidur, kesehatan dan penampilannya mengalami penurunan sekitar pertengahan 1970-an. The King tampil untuk terakhir kalinya dalam sebuah konser di Market Square Arena di Indianapolis, Indiana tanggal 26 Juni 1977. 

Kematian Elvis Presley...

Pada 16 Agustus 1977 malam, seharusnya Elvis terbang ke Memphis untuk menggelar konser. Namun siang harinya, pacar Elvis, Ginger Alden menemukannya tak bergerak di lantai kamar mandi. Dia segera dilarikan ken rumah sakit Baptist Memorial. Elvis dinyatakan meninggal pukul 15.30 waktu setempat pada usia 42 tahun akibat gagal jantung karena obat-obatan.

Biografi The King of Rock'N Roll,  Elvis Presley
Makam Elvis yang terletak di Graceland, Memphis, Tennessee

Dia kemudian dimakamkan di Graceland dekat pusara ibunya Gladys, ayahnya Vernon, serta neneknya Minnie Mae Hood Presley.

Baiklah.. itulah ulasan Biografi dari Elvis Presley. Semoga tulisan panjang ini bermanfaat bagi kalian.. khsususnya para pencinta musik Rock'N Roll. Ayo bantu mengembangkan blog ini dengan menuliskan komentar kalian pada kolom yang sudah disediakan. 

Biografi The King of Rock'N Roll,  Elvis Presley
Jangan lupa meninggalkan komentar di kolom yang telah disediakan :)


Comments

Popular Posts