8 Lagu Berbahasa Inggris Karya Dewa 19

8 Lagu Berbahasa Inggris Karya Dewa 19
Sumber : https://publicinsta.com/hashtag/aksansjuman

Hai semua...selamat datang kembali di WararuchiBlog. Bagaimana kabar kalian? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya, dimanapun kalian berada.

Buat kamu yang belum tahu, Dewa 19 mempunyai 8 lagu yang menggunakan lirik bahasa Inggris. Dari 8 lagu tersebut, ada lagu yang full menggunakan lirik Inggris, ada juga yang menggunakannya pada beberapa bagian saja, misalnya pada chorus.

Baca Juga : (Top 10 Lagu Terbaik Dewa 19 Sepanjang Masa)

Menurut Ahmad Dhani, upaya ini dilakukan guna mewujudkan misi mereka, yaitu menembus pasar Asia. Meskipun sulit, mudah-mudahan suatu saat nanti akan terwujud.

Sepanjang karir mereka, album Republik Cinta (2006) menjadi penyumbang terbanyak untuk lagu-lagu bahasa Inggris Dewa 19. Pada album tersebut terdapat 4 lagu yang berbahasa Inggris, disusul oleh album Laskar Cinta (2004) dengan 2 lagu berbahasa Inggris.

Keahlian Dewa 19 dalam menulis lagu berbahasa Inggris tidak jauh berbeda dengan pada saat menulis lagu berbahasa Indonesia. Jika didengarkan baik-baik, kebanyakan lagu yang mereka hasilkan sangat bagus dan memiliki kualitas yang tidak kalah dengan musisi-musisi barat.

Dibawah ini WararuchiBlog akan menghadirkan 8 lagu berbahasa Inggris karya Dewa 19. Daftar ini diurut berdasarkan tahun dirilisnya lagu tersebut, dari yang paling lawas hingga yang paling baru.

Baik tanpa berlama-lama lagi, berikut daftarnya...

Sumber: https://giphy.com/explore/ari-lasso
.
.
.
.
.
.
.
Daftar 8 Lagu Berbahasa Inggris Karya Dewa 19 :

1. Swear
Album : Dewa 19
Tahun : 1992

8 Lagu Berbahasa Inggris Karya Dewa 19
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Dewa_19_(album)

"Swear" merupakan salah satu lagu bahasa Inggris terbaik milik Dewa 19.

Saat pertama kali mendengarkan, saya langsung tertarik dengan lagu ini. Lagu ini easy listening, sehingga kita akan mudah untuk menerima musiknya, meskipun baru mendengarnya pertama kali.

Hal tersebut memang menjadi ciri khas dari album perdana Dewa 19. Lagu-lagu pada album "Self Titled" ini rata-rata mudah untuk diterima telinga dan juga mudah untuk dinikmati, asalkan kita mau mendengarkannya.

Kembali ke topik, lagu lawas berjudul "Swear" ini memiliki aura musik khas 80an, identik dengan penggunaan instrumen keyboard yang mendominasi. Solo gitar yang apik juga semakin memperindah lagu ini.

Menurut saya, "Swear" merupakan lagu berbahasa inggris terbaik milik Dewa 19. Lagu ini menjadi favorit saya diantara lagu-lagu lain dalam daftar ini.

Saya sangat menyukai melodi yang dihadirkan dalam lagu ini, indah, tidak biasa, dan pas sekali dengan tema yang dibawakan.

Secara keseluruhan, lagu ini sangat bagus dan cocok sekali untuk kamu dengarkan saat kamu sedang menjalin cinta dengan seseorang.

2. Still I'm Sure We Love Again
Album : Format Masa Depan
Tahun : 1994

8 Lagu Berbahasa Inggris Karya Dewa 19
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Format_Masa_Depan

Lagu ini terdapat di album kedua Dewa 19 yang bertajuk "Format Masa Depan".

Pada lagu ini Dewa 19 sudah mulai memasukan unsur-unsur rock, begitu juga pada lagu-lagu lainnya yang terdapat di album ini. Hal ini merupakan pembaruan kreativitas dari Dewa 19, dimana genre rock sedikit sekali kita temukan pada album pertama.

Lagu ini memiliki tempo yang hampir sama dengan lagu "Swear" tetapi sedikit lebih cepat. Yang menarik pada lagu ini adalah liriknya yang romantis dan menggebu-gebu.

3. Sweetest Place
Album : Laskar Cinta
Tahun : 2004

8 Lagu Berbahasa Inggris Karya Dewa 19
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Laskar_Cinta

Merupakan lagu berbahasa Inggris karya Once Mekel. Di dalam album "Laskar Cinta", lagu "Sweetest Place" merupakan lagu paling kalem dan adem untuk didengarkan.

Durasi lagu ini cukup singkat, hanya sekitar 2 menit-an. Meski begitu, lagu ini terasa cukup padat. Once tetap bisa menuangkan ceritanya secara jelas dari awal hingga akhir lagu.

"Sweetest Place" memiliki lirik yang sarat akan makna. Jika dibilang puitis sih tidak, liriknya hanya terdiri dari rangkaian - rangkaian kalimat dengan makna yang tersirat.

"...Suddenly the rain falls..
Showering the desert stone..
Wash away the tears of yesterday...
I hear the sound of a raising chorus..."

Nah itu dia penggalan liriknya, dinyanyiin dong.. jangan cuma dibaca dalem hati hehe..

Lagu ini memiliki melodi yang kebarat-baratan. Orang yang belum tahu lagu ini pasti akan mengira lagu ini berasal dari luar negeri, karena didalamnya memang sedikit ditemukan melodi-melodi khas Dewa 19.

Satu-satunya ciri khas Dewa 19 yang bisa dirasakan pada lagu ini adalah pada alunan keyboard Ahmad Dhani di pertengahan lagu hingga menuju koda.

Alunan keyboard ini seakan mengingatkan kita pada lagu-lagu di album "Bintang 5 (2000)" dan "Cintailah Cinta (2002)".

Secara keseluruhan, lagu ini bagus, dan bisa kamu jadikan refrensi jika ingin mendengarkan sisi lain dari Dewa 19.

4. Shine On
Album : Laskar Cinta
Tahun : 2004

8 Lagu Berbahasa Inggris Karya Dewa 19
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Laskar_Cinta

"...Shine on..Shine on...
Let's make harmony...
for a better future..."

Bersinarlah, buat bumi ini menjadi lebih indah, untuk kita kini, dan generasi yang akan datang.

Itulah pesan yang bisa kita tangkap dari lagu ini. Sangat jarang saya menemukan lagu bertema alam dan lingkungan dari Dewa 19, terutama pada era Once. Namun Album "Laskar Cinta" sepertinya berbeda dari album Dewa 19 lainnya.

Sebagian lagu pada album ini bertemakan tentang alam, kemanusiaan, lingkungan dan ada pula yang bertema religius.

Shine On merupakan salah satu lagu yang bertemakan alam dan lingkungan. Lagu ini mengajak kita semua untuk saling menjaga dalam harmoni, agar masa depam bumi menjadi lebih baik. Agar bumi kita senantiasa cerah dan bersinar.

Ohya, lagu ini tidak full menggunakan bahasa Inggris, hanya bagian chorus dan kodanya saja. Sisanya masih menggunakan bahasa Indonesia.

"Apa yang kamu yakini sebagai sebagai sebuah kebenaran..
Mungkin bukanlah sebuah kebenaran buat yang lainnya.."
- Shine On

5. Lovers Rhapsody
Album : Republik Cinta
Tahun : 2006

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Republik_Cinta

Ketika saya melihat daftar lagu dalam album "Republik Cinta", perhatian saya langsung tertuju pada lagu ini. Tentu saja karena judul lagu ini mirip dengan lagu legendaris milik Queen, yaitu "Bohemian Rhapsody". 

Awalnya saya mengira Dewa 19 akan menghadirkan musik mewah dan menggugah seperti apa yang Queen lakukan pada tahun 1975. Tetapi setelah didengarkan, ternyata cukup berbeda. Dewa 19 tidak menghadirkan paduan suara, musik orkestra, ataupun berteriak "mamaaaa... uuuuu, I don't want to dieee"

Hal yang jelas dapat dirasakan pada lagu ini adalah, gubahan musik yang begitu emosional.

"Lovers Rhapsody" ini bercerita tentang seseorang yang merindukan kekasihnya. Ia merindukan segala hal tentang kekasihnya, mulai dari suaranya, sorot matanya, hingga senyum kekasihnya.

"And I miss everything in you, ido..
And I miss the sound of your voice..
And I miss the look inyour eyes..."

Ya, pada saat mendengar lagu ini, perasaan emosional akan langsung terasa. Di sepanjang lagu kita akan dihadirkan musik yang benuansa kelam, namun tetap bisa dinikmati.

Menurut saya penghayatan Once saat menyanyikan lagu ini sangat baik. Suaranya dapat menyatu dengan nuansa kelam tadi, sehingga menghasilkan musik yang kelam namun tetap dapat dinikmati.

6. I Want to Break Free
Album : Republik Cinta
Tahun : 2006

8 Lagu Berbahasa Inggris Karya Dewa 19
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Republik_Cinta

Siapa sih yang tidak tahu lagu ini? Buat kamu penggemar musik-musik klasik pasti tahu lagu ini.
Ya, lagu ini merupakan salah satu mahakarya dari band legendaris "Queen" 

Lagu ini memang bukan lagu asli karya Dewa 19, namun lagu yang di daur ulang, dan dimasukan ke album "Republik Cinta" untuk keperluan internasional.

"Republik Cinta" merupakan album pertama yang dikeluarkan Dewa 19 setelah mereka menandatangani kontrak dengan EMI Music International Hong Kong. Bergabungnya Dewa 19 dengan label ini menunjukan bahwa mereka benar-benar serius untuk menempuh pasar internasional, khususnya Asia pada waktu itu.

Karena itu, tidak heran jika pada album ini ditemukan banyak lirik berbahasa inggris. Setidaknya terdapat 30% lirik bahasa inggris dari kelesuruhan lagu pada album ini.

Salah satu lagu berbahasa inggris itu adalah "I Want to Break Free" ini, yang merupakan hasil remake dari lagu milik "Queen" dengan judul yang sama.

Dewa 19 melakukan daur ulang pada komposisi musiknya, tanpa mengubah lirik ataupun makna lagu. Hasilnya ternyata cukup bagus dan terasa lebih rock dari lagu aslinya.

Udah pada denger??

7. Flower In The Desert
Album : Republik Cinta
Tahun : 2006

8 Lagu Berbahasa Inggris Karya Dewa 19
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Republik_Cinta

Nah.. diantara 8 lagu dalam daftar ini , Flower In The Desert adalah lagu yang iramanya paling asik. Apalagi lagu ini bertema cinta, semakin berbunga-bungalah hati saat mendengarkannya.

Lirik yang terdapat dalam lagu ini dapat dikatakan "Dewa 19 banget", karena jika di Indonesiakan akan terasa liriknya menggunakan kalimat-kalimat cinta khas Dewa 19.

Menurut saya, melodi lagu ini seperti musik-musik tahun 60an yang dipadukan dengan gaya rock khas Dewa 19. Jadi saat mendengarkan lagu ini kamu akan menemukan irama musik pop rock yang sangat asyik didengar.

Ohya, hampir lupa saya sampaikan, lagu ini tercipta oleh duet Ahmad Dhani dengan Bebi Romeo. Tahu kan bagaimana hasil lagu apabila kedua orang ini diduetkan?

8. Live On
Album : Republik Cinta
Tahun : 2006

8 Lagu Berbahasa Inggris Karya Dewa 19
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Republik_Cinta

"Live on move on... Just let go..
Reclaim your soul and let in take control.."
- Live On, Republik Cinta

Nah.. lagu terakhir berudul "Live On" yang diciptakan oleh Once Mekel. Lagunya sangat energik, dan bertempo cepat. Saya membayangkan bagaimana jadinya apabila lagu ini dibawakan pada saat live? Pasti sangat seru.

Lagu ini memang penuh semangat,  sekilas bila didengarkan lagu ini mirip dengan chorus "Mati Aku Mati", terutama dari segi tempo dan isian keyboardnya.

Secara keseluruhan, lagu ini sangat bagus, isinya padat, terdiri dari beberapa part, melodinya unik, dan tentunya sangat menghibur.

.
.
.
.
.

Baik itulah daftar 8 lagu berbahasa inggris karya Dewa 19. Semoga melalui tulisan ini, kamu bisa menambah wawasan terkait lagu-lagu lokal yang berbahasa inggris, terutama lagu di tahun 90an hingga 2000an.

Sebenarnya Dewa 19 masih memiliki lagu-lagu lain yang memiliki lirik Inggris, tetapi lirik tersebut sangat sedikit keberadaannya dalam lagu dan bukan merupakan lirik utama yang dihadirkan pada lagu tersebut. Jadi tidak saya masukan dalam daftar diatas.

Sekian tulisan kali ini, jangan lupa untuk membantu mengembangkan blog ini dengan share atau meninggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah disediakan.

Akhir kata,

Hidup Musik Indonesia


Comments

Popular Posts